Narrative Text : Pengertian, Struktur, Teladan Dalam Bahasa Inggris

Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenis Text Narrative tujuaannya untuk menceritakan suatu kisah yang mengandung beberapa rangkaiaan peristiwa  atau kronologi yang saling berhubungan. Tujuan dari text Narrative merupakan untuk menghibur para pembaca yang isinya berupa kisah atau cerita. 

Sebelumnya, kami dari necerz.com sudah menulis bahan tentang  Materi Asking and Giving Direction dalam Bahasa Inggris. Nah sekarang, kami akan menampilkan bahan wacana Narrative Text.  Agar paham pada bahan kali ini, kami sarankan untuk membaca keseluruhan pada materi  pada postingan ini.

Definisi Narrative Text

Narrative Text merupakan suatu text atau goresan pena yang menjelaskan secara kronologis. Pastinya diantara kalian sering membaca, baik dari online atau offline menyerupai cerpen, novel  atau buku cerita. Biasanya, narrative text memiliki karesteristik untuk pembacanya, seperti:  Jika target pembacanya merupakan anak SD maka alur ceritanya merupakan pesan-pesan konkret sedangan untuk target pembaca merupakan sebaya atau cukup umur maka alur ceritanaya akan complex dan panjang. 

Genre alur kisah Narrative Text juga memiliki aneka macam macam seperti:

History : kisah yang berisi rangkayan fenomenal

Myth : kisah yang berisi rangkaiaan wacana mitos

Romance : kisah yang berisi wacana romantika

Fable : kisah yang menjelaskan binatang yang bertingkah manusia

Horror : Cerita yang menjelaskan ngeri (ketakutan)

Fairytable : kisah wacana fiksi (Dongeng)

Tujuan Narrative Text

Seperti yang sudah kami tulis diatas pada pembukaan bahwa, narrative text memiliki tujuan untuk menghibur dengan suguhan kisah sedemikian rupah agar menarik.

Tujuan narrative text merupakan menghibur dan memukau perhatian pembaca dengan santapan kisah atau peristiwa dan memiliki beberapa pertentangan didalamnya. Pada final kisah diakhiri dengan keserasian atau menyedihkan.

Text naratif tak cuma terbatas pada kisah yang berbau mistis, lagenda, dongeng, fable saja tetapi juga terdapat kisah petualang, misteri dan aneka macam cerita. Intinya merupakan narrative text menyuguhkan wacana cerita. Biasanya narrative yang diberikan di sekolah narrative text berupa kisah fiksi (dongeng atau lagenda.

Jadi di saat disimpulkan, bahan narrative text yang berikan oleh bapak dan ibu guru disekolah merupakan Suggestive Narrative, itu artinya para membaca sanggup memetik hikmata dari kisah tersebut. 

Ciri-Ciri Narrative Text

Narrative text juga memiliki bentuk tersendiri  seperti  halnya ciri dari teks yang lain. Berikut ciri-ciri narrative text yang kami rangkum di postingan ini.

  1. Jenis text narrative bisanya menggunakan kata kerja (active verb) past atau mengggunakan tenses simple past.
  2. Menggunakan kata benda (noun) untuk mengambil alih kata benda orang Pronoun.
  3. Menggunakan kata sifat (adjective) untuk membentuk noun phrase.
  4. Menggnakan conjunction untuk membentuk urutan-urutan pada peristiwa pada goresan pena alur kisah pada narrative text.

Struktur Narrative Text

Struktur narrative text memiliki focus tersediri untuk rengkai untuk merangkai bangunan text nartif, menyerupai yang kami jelaskan dibawah ini:

Orientation 

Orientation merupakan sebah pendahuluan / pembukaan dari kisah narrative text. Pada langkah permulaan ini, bisanya berisi wacana siapa, kapan, dan dimana alur kisah ini diangkut / ditetapkan. 

Complication 

Complication merupakan rangkaian paragraph yang meperkenalkan permulaan mula dimulai. Pada bagiaan ini, merupakan permulaan kisah yang kemudiaan akan berlanjut pada konflik, klimaks, dan anti titik puncak pada alur cerita. Biasanya complication merpakn intraksi antar pelaku yang ada pada kisah naratif taxt.

Resolution 

Resolution merukan final dari alu cerita, pada bab ini menampilkan alur kisah untuk menyelesaikan kisah agar berakhir. Seluruh permasalahan yang ada pada bab complication maka mesti tertuntaskan pada bahan ini. Alur kisah narrative text ini sanggup diakhiri dengan happy ending atau sad ending.

Re-orientation 

Re-orientation merupakan epilog dari alur kisah yang bersifat obsional (besifat pilihan), artinya tergantung dari penulis, ingin disertakan atau tidak. Re-orientation sanggup berisi wacana pelajaran moral atau pesan-pesan konkret dari penulis.

Contoh Narrative Text 

Berikut rujukan dari narrative text dalam bahasa Inggris dan contohnya.

The Mermaid

Orientation

Once upon a time there was a princess who was suffering from witchcraft.

Actually the princess is a very beautiful and kind person. Everyone loved him except his sister who was very jealous of him.

If the princess still had her beauty, then every prince would prefer to marry her over his sister.

Complications

One day, the sister ordered a witch to turn a princess's beauty into an ugly face.

The witch gave him a bottle of poison to add to the princess's diet. The poison will change the princess's appearance to be ugly.

In the evening when dinner started, the sister added poison to the food for the princess. Nobody knows about that. The princess ate her food without realizing that there was danger in her food.

After eating, at night, the princess's skin was blistered. The princess was hurt and she cried for help.

No one could help him even the healers in the kingdom. The princess looks very scary like a monster. She is very sad and shy because someone is afraid of her. Then he ran away and away from the kingdom.

He walked alone through the deep forest day and night. He was like a monster so no animal or predator would dare approach him. That made him even sadder.

He walked until he reached the shore and then he felt very tired because he never took a break from walking.

Resolution

On that beach he began to sleep. She didn't realize that she had slept for three months and she woke up because a very handsome man came and woke her up.

"Wake up poor prince." Said the man.

"Oh, who are you? Why are you not afraid of me? "the princess asked.

"I am the king of the sea. You have slept here for three months in agony. So, it's time for me to help you. I will return your beauty but after that you will never get your previous life. "Said the man.

"Oh, my lord, you are very kind. I have lost my previous life, so I want to have a new life. What shall I do my lord? The princess asked.

"Follow me to get closer to the sea."

The princess followed the man into the sea. After touching the sea, the beauty of the princess returned to him. He was also surprised that half of his body was the body of a fish.

“Now you cannot stay on land, princess, you will forever live in the sea like a fish. But don't be sad. I will marry you and you will be the queen of my kingdom. "Said the man.

Since then, the princess has never returned to her homeland. The sea king married her and she became queen of the sea.

Sometimes he appears in the stable to see the sun. Some of the tailors or fishermen who had seen her called her a mermaid.

Putri Duyung

Orientasi

Dahulu kala ada seorang putri yang menderita alasannya merupakan sihir penyihir.

Sebenarnya sang putri merupakan orang yang sungguh manis dan baik hati. Semua orang mencintainya kecuali kerabat perempuannya yang sungguh cemburu padanya.

Jika sang putri masih memiliki kecantikannya, maka setiap pangeran akan lebih menegaskan untuk menikahinya dibandingkan dengan kerabat perempuannya.

Komplikasi

Suatu hari, saudari itu mendelegasikan seorang penyihir untuk merubah keelokan putri menjadi tampang yang jelek.

Penyihir menampilkan sebotol racun padanya untuk disertakan ke masakan sang putri. Racun itu akan merubah tampilan putri menjadi jelek.

Pada malam hari di saat makan malam dimulai, saudari itu menyertakan racun ke dalam masakan untuk sang putri. Tidak ada yang tahu wacana itu. Sang putri menyantap makanannya tanpa menyadari bahwa ada ancaman di dalam makanannya.

Setelah makan, pada malam hari, kulit sang putri melepuh. Sang putri merasa sakit hati dan ia menangis untuk meminta bantuan.

Tidak ada yang sanggup membantunya bahkan para tabib di kerajaan itu. Sang putri terlihat sungguh angker menyerupai monster. Dia sungguh murung dan pemalu alasannya merupakan ada yang takut padanya. Kemudian ia lari dan menjauh dari kerajaan.

Dia berlangsung sendirian lewat hutan yang dalam siang dan malam. Dia menyerupai monster sehingga tidak ada binatang atau predator yang berani mendekatinya. Itu menjadikannya makin sedih.

Dia berlangsung hingga ia meraih pantai dan kemudian ia merasa sungguh letih alasannya merupakan ia tidak pernah istirahat dari berjalan.

Resolusi

Di pantai itu ia mulai tidur. Dia tidak menyadari bahwa ia sudah tidur selama tiga bulan dan ia berdiri alasannya merupakan ada seorang lelaki yang sungguh ganteng tiba dan membangunkannya.

"Bangun pangeran yang malang." Kata lelaki itu.

“Oh, siapa kamu? Mengapa kau tidak takut padaku? " sang putri bertanya.

“Saya merupakan raja laut. Anda sudah tidur di sini selama tiga bulan dalam penderitaan. Jadi, inilah saatnya saya menolong Anda. Aku akan mengembalikan kecantikanmu namun setelah itu kau tidak akan pernah mendapat kehidupan sebelumnya. ” Kata lelaki itu.

“Oh, Tuanku, Anda sungguh baik. Saya sudah kehilangan hidup saya sebelumnya, jadi saya ingin memiliki kehidupan baru. Apa yang mesti saya lakukan Tuanku? ” sang putri bertanya.

"Ikuti saya untuk lebih bersahabat ke laut."

Sang putri mengikuti lelaki itu masuk ke laut. Setelah menjamah laut, keelokan sang putri kembali padanya. Ia juga heran bahwa separuh tubuhnya merupakan badan ikan.

“Sekarang kau tidak sanggup tinggal di darat, tuan putri, kau akan selamanya hidup di maritim menyerupai ikan. Tapi jangan sedih. Aku akan menikahimu dan kau akan menjadi ratu di kerajaanku. " Kata lelaki itu.

Sejak itu, sang putri tidak pernah kembali ke tanah air. Raja maritim menikahinya dan ia menjadi ratu laut.

Terkadang ia timbul di sangkar untuk menyaksikan matahari. Beberapa penjahit atau nelayan yang pernah melihatnya memanggilnya putri duyung.

Penutup
Berikut merupakan materi Narrative Text : Pengertian, Struktur, Contoh dalam Bahasa Inggris yang sanggup kami berikan pada kali ini. mudah-mudahan apa yang kami berikan pada kali ini sanggup berharga bagi kita semua.

No comments:

Powered by Blogger.